KL – Maldives June 2017 (2)

Lanjutan dari postingan ini

Sampe bandara Maldives Jum’at 2 June malam, so happy dan lumayan semangat tapi deg-deg-an juga karena berbagai hal. Bandara Maldives sederhana aja, tapi masih cukup OK kok. Gede dan lapang kesannya. Nyampe sana sudah jam 7an malam. Terus kami ketemu sama perwakilan hotel yang jemput kami, dari Hotel Arena Beach. Hotel kami ini ada di Pulau Maafushi. Kalo’ mau tau lebih jelas, ini websitenya : http://www.arenabeachmaldives.com/

20170602_20341520170602_20341220170602_203327

Untuk tour ini seperti yang saya mentioned, kami memang ikutan local tour dari Maldives Hemat. Bisa dicari di Instagram, banyak kok agency-agency ke Maldives dengan biaya ga mahal-mahal banget. Rata-rata range harga dan itinerary-nya juga sama, jadi memang bersaing ketat.

Ibukota Maldives adalah Male. Male ini terletak di pulau terpisah dari Airport. Kalo’ airport itu ada di satu pulau (isinya cuma airport doang). Jadi harus naik kapal lagi kalau mau ke Male, dan jaraknya deket banget. Katanya sih naik kapal cuma 15 menitan aja. Male sendiri kalo’ menurut orang-orang sih ga ada apa-apa ya. Pusat pariwisata ya kebanyakan di Maafushi dan pulau-pulau lainnya. Tapi karena kebanyakan ferry jalan dari Male, maka Male sering dijadikan tempat transit sama orang-orang. Ada juga sih satu pulau lain yang sering dijadikan transit juga, namanya Hulhumale (mirip-mirip semua ya namanya), yang bisa ditempuh dengan jalan darat dari airport (dua pulau berbeda tapi ada sambungan jalannya/jembatannya).

Ferry dari Male ke pulau-pulau lain (termasuk Maafushi) ada jam-nya sendiri. Jadi jangan sampe’ kelewatan, kalo’ lewat yah rencana bisa buyar semua. Dan jangan lupa kalo’ semua ferry itu ga jalan di hari Jum’at. Mungkin dianggap hari beribadah ya di sana. Jadi ga ada aktivitas. Makanya kalo’ mau naik ferry jangan di hari Jum’at. Sesuain deh itinerary kalian. Kecuali kalo’ ikut tour kayak saya atau kalo’ rela keluar duit lebih dan ga mau terikat waktu / jadwal ferry, karena bisa sewa / charter speedboat.

Di trip kali ini (tour lokalnya di-conduct langsung sama Arena Beach Hotel ini) ada beberapa orang juga dari Malaysia, Thailand, dan Filipina (kalo’ ga salah). Jadi rombongannya lumayan banyak. Kurang lebih kami semua ber17-18-an deh.Turis dari Malaysia datang sekeluarga besar, and they’re all Chinese. Maaf ya bukan rasis secara saya juga Chinese, tapi mereka orang China itu emang bener-bener yah berisiknya. 1 orang aja biasanya bacotnya udah gede, serasa dunia milik sendiri. Nah ini ada lebih dari 10 orang, sekeluarga. Jadi kebayang deh betapa noisynya, sampe’ saya pusing banget. Rasanya rela keluar duit beliin plester permanen bolak-balik satu-satu buat mereka (dengan harga supermahal ala Maldives loh). Jarang-jarang loh saya bisa murah hati begini.

Setelah ngumpul semua kami diantar ke dermaga. Nunggunya lumayan lama karena ada yang ke WC, ada yang beli SIM Card dulu, ada pula yang pesawatnya beda (misal naik Tiger) yang selisih waktunya beda beberapa puluh menit.

Di dermaga, sudah ada speedboat Arena Beach Hotel menunggu di situ, dan naiklah kami semua. Saya memang agak ngeri naik speedboat karena perut saya memang super sensitif dan gelian. DI awal pas speedboat-nya masih jalan pelan, saya bergumam dalam hati, “Ah ternyata ga serem..” eeeee kunyuk bin tokek, ternyata lama-lama makin kenceng, kenceng, kenceng, dan gila. Rasanya terbang deh tuh speedboat.

20170602_20425420170602_204000

Jadi-jadi, diterangkan lagi, mungkin ada yang tahu juga kalo’ saya punya kelemahan di perut seperti yang saya sebut di atas tadi. Itu tuh, perut geli ini adalah seperti sensasi kalo’ kita naik jet-coaster. “Perut turun”, itu istilah saya. Naik motor atau mobil kenceng dikit, perut saya pasti kegelian. Naik pesawat dan drop/turbulence dikit, saya pasti juga udah keringet dingin karena perut kegelian. Nah ini naik speedboat. Super kenceng, super banyak hempasan ombak. Ampuuuun, saya sampe gemeteran dan meringkuk, pelukkin suami. Orang-orang kayaknya sampe’ ngeliatin saya dengan aneh. Mereka mungkin pikir, “Ni pasangan honeymooners lebay banget sok mesra pepelukan di depan umum.” Mereka gatau saya lagi keringet dingin (karena gelap, muka pucat pasi saya pasti ga keliatan). Suami saya sampe berseru-seru kecil sesekali, “Aw!” karena tanpa sadar saya cubitin tiap kali ombak menghempas speedboat kami. Kaki saya sampe’ menekan lantai begitu keras, sebagai pertahanan saya secara ga sadar akan efek perut turun ini.

Sumpah saya sekarang official trauma banget deh naik speedboat. Dengan segala kemampuan dan kedigdayaan saya, saya akan berusaha semaksimal mungkin not to naik speedboat lagi.

Perjalanan menyiksa ini berlangsung hampir 40 menitan. Nyampe hotel saya udah lemes dan kaki sampe’ kesemutan. Ga kebayang hari-hari ke depan naik speedboat lagi harus gimana. Prediksi saya di awal tentang speedboat terbukti benar. Dari awal saya emang udah feeling ga enak soal speedboat karena saya tahu kelemahan perut saya ini. Duh Maldives, kenapa sih mostly semua transportasi kalian harus speedboat?? Jadi ternyesel-nyesel. Mending naik public ferry aja deh, biarpun berjam-jam tapi ga segila speedboat jalannya. Sementara semua anak-anak (dan orang dewasa) jejeritan gembira karena speedboat naik turun dan dianggap seru oleh semua orang, saya harus mati-matian nahanin kegelian perut saya. Beneran loh ga usah jauh-jauh ke USS Studio buat maen wahana Transformers. Ke Maldives aja coy! Lebih gila goyangannya!

Ya sudah singkat cerita tibalah kami di dermaga di Pulau Maafushi. Dari situ kami harus jalan kaki lagi sekitar 5 menitan ke hotel kami. Pasirnya basah, pertanda habis hujan. Semoga saja speedboat gila tadi dikarenakan angin dan hujan, dan besok segalanya lebih baik.

Nyampe hotel, kami duduk di lobby, dikasih welcome drink, cenga-cengo aja sambil mereka prepare kamar dan kunci. Asli mood saya mulai ga enak di situ. Pertama, si speedboat kunyuk. Kedua, rasanya ga jelas banget semua. Ini kami ngapain, acara besok ngapain aja, kami di sini guidenya siapa, semua serba ngambang dan ga jelas, saya beneran udah bete dan ga mood banget, sementara semua peserta lain looked so happy dan sibuk explore-explore lobby dan halaman hotel. Saya udah males banget ngebayangin besok, mengingat semua serba ga jelas.

20170602_213832

20170602_213815

Gak lama ada seseorang yang nyamperin kami, nanya, “Kalian dari Indonesia?” Kami ngangguk-ngangguk. Terus dia cuma nyebut namanya (Muusa atau semacam itu) dan bilang have a nice stay dll. Saya nanya, besok acara kami island hopping itu barengan rombongan ini lagi semua? Dia bilang iya dan dia kasihtau jam ngumpul kami besok. Ah ya sudahlah.

Setelah cukup lama akhirnya kami dapet juga kunci kamar kami. Masuk ke kamar, kami kasih tips RM (Ringgit Malaysia) ke porternya karena ga sedia USD maupun mata uang lain dalam jumlah kecil. Masuk kamar, wuiiih ada dekor honeymoon ternyata, manis juga, padahal ini bukan honeymoon sih. Saya sendiri ga terlalu impresif karena mood udah rusak duluan dengan segala ketidakjelasan dan rasa terasing di rombongan ini.

20170602_21533120170602_215625

Bicara kamar, kamarnya kecil aja sih. Kesan ni kamar entah kenapa, agak kuno, kayak kamar kost-kostan (tapi lebih nice lah) tapi kamar mandinya modern dan bersih. Jadi menurut saya agak kontradiktif.

20170602_21534320170602_21535420170602_215400

Setelah beres-beres (lantai penuh pasir karena tadi kami lupa buka sandal dan keliling kamar, berakibat pasir menjalar ke mana-mana), langsung deh kami tidur. Capek banget today, apalagi dengan perut turun saya yang menyita stamina banget.

Hari 2

Hari kedua, bangun dengan mood better dan berasa semangat untuk explore sekitar. Setelah mandi, kami langsung turun dan jalan ke belakang hotel, yang langsung berbatasan dengan pantai dan laut biru turquoise yang cantik ini. Nama pantainya Bikini Beach which is literally explain the name, alias boleh pake’ bikini di sini. Ga semua area di Maldives bisa bebas pake’ bikini ya karena ini negara muslim dan sangat menjaga sopan santun pula. Jadi berpakaian pun harus tertutup.

20170603_06451320170603_06445320170603_06465320170603_06471020170603_06475320170603_064835

Bikini Beach ini manjain mata banget. Kami jalan-jalan, took thousand of pictures (HP sengaja udah dikosongin memorinya), dan nikmatin banget view yang ga tiap hari didapat di Jakarta ini. Lahap puas-puas dan santap habis semua panorama yang disajikan tanpa batas ini.

20170603_07031220170603_06565320170603_07002320170603_06495620170603_064925

Di pasir juga banyak banget kerang dan binatang laut kecil-kecil. It’s interesting to observe them. Bener-bener serasa balik jadi anak kecil lagi. Small things jadi so so so valuable di sini.

Setelah puas jalan-jalan kami balik ke hotel dan jamnya pas jam breakfast. It’s a simple breakfast, tapi lumayan enak loh. Saya bener-bener enjoy makannya. Makanan Maldives most likely terpengaruh sama India karena letak mereka juga berdekatan. Jadi ada banyak kari-karian, dan untungnya saya memang penggemar makanan India. Asli kari-karinya enak banget! Makanan lainnya standard aja kayak scrambled egg, hash brown, nasi goreng, dll.

20170603_06444220170603_064434

20170603_07175320170603_073514

Di sisi lobby, deket ruang makan, juga ada novel-novel yang disediakan – mungkin buat leseh-leseh di pantai sambil baca buku.

20170603_085616

Bicara soal orang Maldives, menurut saya ya mereka baik-baik aja sih. Ga ada yang outstanding or super ramah, standard aja. Physically, mereka kebanyakan orang hitam ya. Kulit hitamnya bukan kayak India, tapi lebih kayak negro. Jadi beneran hitam, tapi tampangnya tampang India. Jadi it’s a rare combination. Tapi walaupun hitam keling gitu, muka mereka kalo’ diperhatikan sebenernya cakep loh. Badan mereka juga bagus-bagus karena kebanyakan pekerja kasar, nelayan, dan sering berenang dll. Jadi menurut saya mereka makhluk yang eksotis.

Setelah makan, kami jalan-jalan lagi, kali ini explore sekeliling hotel. Ada banyak hotel-hotel lain di sekeliling kami. Kebanyakan mirip-mirip sih sama Arena Beach Hotel. Ada hotel yang juga kompetitornya Arena seperti misalnya Crystal Sands atau Kani Beach Hotel. Overall kalo’ liat sekilas sih menurut saya Arena Beach Hotel lebih nice ya, sekeliling hotelnya.

20170603_084621

Selain hotel, di sekeliling banyak banget toko-toko (sayangnya tutup pas siang karena lagi bulan puasa), plus diving / water sport center. Wah persaingannya ketat banget ya. Orang-orangnya di sini juga banyak penduduk lokal karena Maafushi ini memang pulau lokal. Jadi lumayan ngeliatin kehidupan keseharian mereka, sekilas. Duh kalo’ disuruh tinggal di sini rasanya saya mending bunuh diri aja deh karena rasanya stress banget, isinya cuma laut, desa, matahari. Ga ada kegiatan yang menarik (menurut saya loh). Saya jadi bertanya-tanya, di Maldives ada artis ga si? Ada siaran lokal ga si? Dll. dan ga pernah tertarik nyari jawabannya juga.

Setelah puas keliling-keliling, kami balik kamar leha-leha sebentar, terus turun lagi jam 9-an, sesuai jam perjanjian kemarin. Agenda hari ini bakalan island hopping dan snorkeling. Sesuatu yang saya ga gitu tertarik sih, tapi karena udah part dan standard itinerary maka ya diikutin aja.

20170603_102118

Pas ngumpul, juga sebenernya kami bingung karena ga ada papan pengumuman, ga ada pemberitahuan, ga ada arahan, dll. Cuma kami ngenalin aja rombongan turis dari Malaysia kemarin, lagi sibuk ambil-ambil peralatan snorkeling di pelataran hotel. Jadi ya kami ikutin aja, ngambil google, sirip kaki, safety vest dll. Nunggunya juga lama banget sampe’ akhirnya ada satu staff hotel nyamperin dan minta kami semua ikut dia. Jalan kakilah kami ke dermaga tempat speedboat kami berlabuh seperti semalam. Saya udah mules aja ngeliat speedboat lagi.

Semua orang masuk satu per satu ke speedboat, terus mulai deh speedboat kami jalan. Ada 1 bule yang kemarin ga termasuk rombongan kami, yang ikutan island hopping tour ini.

Setelah sekian lama, berhentilah kami di satu spot, dan satu per satu mulai mengenakan pakaian snorkelingnya (yang cowok kebanyakan bertelanjang dada saja), dan terjun ke air. Sekelompok ABG yang sepertinya dari Thailand sangat all-out banget kostumnya. Sepertinya memang meereka penggemar olahraga air. Saya akhirnya ikutan nyebur juga, pake’ baju ala kadarnya. Abis nyebur baru ngeh bahwa spot snorkelingnya masih agak jauh dan harus berenang dulu ke sana. Yaaaa balik lagi deh manjat di kapal, ngedekem sama oma-oma dan emak-emak lain. Mupeng banget. Suami saya lanjut berenang ke lokasi snorkeling. Katanya sih spot snorkelingnya bagus dan ga terlalu dalam.

20170603_11381520170603_11310920170603_11250620170603_112329

Setengah jaman orang-orang mulai pada balik ke kapal, dalam keadaan basah semua. Karena angin kencang, baju saya sendiri udah kering, tapi mulai basah lagi karena kecipratan basahan orang-orang.

Dari situ kami mampir lagi ke spot snorkeling berikutnya. Nganggur lagi deh saya di kapal. Kalo’ kata suami saya sih yang ini lebih dalem, lebih serem, dan warna lautnya ga sebagus di tempat tadi. Di sini warnanya lebih ke biru tua walaupun ada gradasi ke turquoise juga.

Dari spot snorkeling itu, kami jalan lagi ke Sandbank. Itu nama lain dari Pulau Gosong gitu tuh, pulau pasir yang nimbul di tengah laut. Di situ kami turun, dan ini spot foto paling bagus karena pasirnya bersih maksimal dan lautnya juga cantik. Cuma berasa panas loh di sini, nyenget banget.

20170603_135152

Di Sandbank ini kami dibagiin lunch box yang isinya mie goreng dengan porsi cukup banyak. Enak loh! Trus kami dikasih jus jeruk yang rasanya cukup nyenget, jadi saya ga gitu suka. Enak banget makan siang ditemenin pemandangan maut kayak gini, biarpun panas. Di sini karena saya ga pake’ sandal, jalan di beberapa bagian pantainya nyakitin kaki banget karena isinya batu dan kerang semua.

20170603_140145

20170603_13541220170603_13535020170603_135326

Setelah makan dan foto-foto, kami balik ke kapal, terus jalan lagi untuk liat dolphin. Ada sih beberapa, tapi ga special ya. Itu di Indonesia juga banyak.

Dari liat dolphin, kami balik ke hotel deh. Tournya selesai. Speedboatnya seperti biasa bikin saya pucat pasi di kapal, dan cuma bisa nunduk ngeliatin ke bawah sambil pegangan erat sama suami.

Mengenai rombongannya sendiri, kami ga terlalu ngomong satu sama lain ya. Jadi masing-masing sendiri aja. Saya dengan suami. Keluarga besar dari Malaysia itu juga heboh sendiri aja. Yang dari Bangkok sendiri, Filipina sendiri. Jarang ada basa-basi. Lebih enak begini sih. Satu turis bule itu anyway ternyata sempet complain (pas udah sampe’ hotel) ke receptionist mengenai keluarga besar dari Malaysia itu karena katanya sangat berisik, dan banyak yang ga mau nyebur ke air (ga asyik kali ya menurut dia). Plus menurut dia spot snorkelingnya ga bagus. Duh banyak complain amat (walaupun saya setuju banget sama point pertama dia).

Nyampe hotel saya main di pantai di belakang hotel. Cuma ngerendem sih, duduk di air laut gitu aja sambil nikmatin diri dihempas-hempas dan dilempar ombak, sementara suami saya istirahat di kamar. Kapan lagi bersentuhan langsung sama air lautnya Maldives.

Habis itu suami jemput saya di pantai, dan kami cobain naik sepeda yang bisa dipinjam free di halaman hotel. Sepedanya double seat kiri-kanan gitu, lucu juga. Sayangnya salah satu bannya kempes, jadi jalannya oleng. Kami keliling-keliling sekitar naik sepeda itu sambil ketawa-ketawa ga jelas karena sepedanya miring-miring terus akibat si ban kempes. Habis itu, balik kamar dan mandi, terus siap-siap makan malam.

Makan malamnya disediakan di halaman hotel. Bangku-bangku ditata sedemikian rupa dengan lighting sederhana. Nice sih. Menunya ga terlalu banyak, tapi ada BBQ/roasted section. Menurut saya breakfastnya lebih enak daripada dinnernya dan yang paling kurang OK adalah kita harus beli lagi untuk minumnya alias ga dapet minum. Aneh banget. Atas dasar pelit lagi, kami memutuskan untuk minum di kamar aja. Btw Aqua selama di Maldives ini selain dapet compliment dari hotel, kami juga beli dari restaurant 2-3 botol gede Aqua buat survived selama stay di sana, gegara Aqua yang kami bawa harus dibuang di airport KL karena kelebihan bagasi. Lupa harga Aqua di Maldives berapa, agak mahal tapi ga sampe kebangetan.

20170603_184249

Dinnernya sendiri ada live musicnya, cuma biasanya start-nya agak malem dan kami ga pernah sempet ngedengerin karena biasanya ga lama-lama abis makan kami langsung balik kamar atau jalan-jalan.

Selama makan juga lumayan banyak lalat dan… kucing. Ih!!

Oh ya dinner di hotel ini juga open ya buat yang ga stay di hotel ini, jadi cukup banyak dari hotel lain yang makan di sini karena menurut saya memang tempat makannya cukup nice sih, dibanding hotel lain. Bisa pilih juga beberapa settingan dengan membayar lebih, misal mau private dinner. Atau private dinner di pinggir pantai. Atau private dinner pake’ tirai. Atau private dinner dengan fullboard meal. Dll. Tapi menurut saya sih ga worth it nambahnya. Masak nambah tirai aja kudu nambah sekian puluh/ratus ribu? Mending pake’ kesetan hotel aja sekalian, lebih murah.

Setelah itu kami ke receptionist untuk daftar day tour visit besokan harinya. Ada beberapa pilihan resort sih dengan harga dan fasilitas berbeda. Setelah browsing-browsing dan diskusi, akhirnya kami memutuskan untuk ambil Adaaran Vadoo Resort karena harganya cukup reasonable dan fasilitasnya masih OK. Pembayaran dilakukan langsung di reception, menggunakan USD.

Untuk tahu list excursion lengkap yang disediakan hotel, tinggal lihat aja listnya di papan dan rate-nya.

20170603_192351

Hari 3

Hari ini adalah day-visit resort kami ke Adaaran. Setelah breakfast ngebut (cuma beda nasi dan mie goreng dibanding hari sebelumnya, tapi tetep aja enak, apalagi suami saya berkreasi bikin roti pake mayo, ham, sayuran, dll. yang rasanya enak!!) karena harus ngumpul jam 8 pagi, kami langsung ngumpul di lobby.

20170604_070605

Ternyata ada 3 orang lain yang ikutan trip ke Adaaran juga. Jadilah kami total ber-5 naik ke speedboat. Karena speedboat-nya kecil somehow goncangannya terasa lebih berasa. Jadi perjalanan ini lebih nyiksa daripada sebelumnya. Dan karena jumlah orangnya sedikit, kapalnya kecil, dan ini siang hari, keliatan banget betapa saya meringkuk kayak orang sakit. Tapi untungnya kita semua satu sama lain ga saling ngomong, jadi belaga bego aja.

Nyampe di Adaaran, kami langsung dikasih welcome drink, terus disuruh duduk sebentar. 15 menitan kami sibuk foto-foto sekitar. Resortnya bagus-bagus aja sih. Sekeliling ijo semua, penuh pepohonan, jadinya perpaduan turqoise dan green. Selain rombongan dari Arena Beach Hotel ternyata ada juga beberapa rombongan lain.

20170604_08490820170604_08434320170604_08440920170604_08473520170604_084117

20170604_08591220170604_085657

Setelah semua lengkap, baru si officernya jelasin mengenai rulesnya. Intinya kami boleh keliling seenak jidat sampe’ jam 5 sore sebelum dijemput nanti, tapi ya ga boleh (dan ga bakal bisa juga) masuk ke kamar/villa. Boleh berenang pula dan snorkeling (tapi ya ga dikasih alatnya. Modal sendiri atau bisa rent). Kami dikasih gelang sebagai tanda free access kami selama di hotel. Terus kami diajak keliling, sambil ditunjukkin ini apaan, itu apaan. Dikasih tau tempat lunch, snack, free-flow minuman dll. Tempat lunchnya outdoor dengan pemandangan ke pantai/laut.

20170604_084650

20170604_091336

Habis itu ada mbak-mbak yang jualan product spa juga. Diliat-liat kayaknya mbaknya orang Indonesia juga, tapi karena kami kurang kepo, maka kami nggak nanya-nanya sih.

20170604_090913

Setelah dilepas, kami langsung pesen minum (free flow, termasuk alcohol), terus keliling-keliling, liat kolam renang, pantai, duduk-duduk nyantai dll. Setelah sekian lama, liat jam, eh kok baru satu jam. Lama amat. Hihihih..

20170604_103228

20170604_103215

20170604_092732

Jadi yah begitulah seharian kerjaan kami juga duduk, jalan, ke WC, ke pantai, minum, makan, snack, foto. Untung saya udah prepare bawa novel, jadi sambil baca buku juga. Tadinya suami mau berenang, tapi akhirnya malah males. Di sini bisa spa juga ya, tapi tau sendiri dong mahalnya agak sadis. Siapa pula yang mau spa di sini saat kita punya jutaan spa murah meriah di Indonesia?

20170604_09404820170604_093006

Jam 12-an kami ke area makan siang outdoor di area terbuka yang diset khusus untuk para tamu visitor (doang). Sedih juga sih kami dianaktirikan, ga boleh makan buffet di restonya. Makanannya btw boleh juga lah.

Sore jam 4-an kami juga ada snack time (waktu-waktu dan tempatnya semua udah dikasihtau dari awal jadi ya pinter-pinter aja ngatur waktu supaya ga kelewatan).

Udah deh leyeh-leyeh seharian. Saya sampe’ udah mati gaya banget. Beneran deh liburan kayak gini beneran bukan my style. Saya ga bisa tuh duduk diam, nyantai, relax, nikmatin suasana. Bisa sih, tapi palingan 1-2 jaman. Abis itu ya cukup. Pengennya jalan, keliling, explore dll. Saya beneran ga bisa liburan relax dan luxury kayak gini, yang isinya cuma nikmatin hotel dan fasilitasnya. Makanya kalo’ ke Bali (misal) saya juga ga pernah stay di hotel or resort mahal yang isinya cuma nikmatin hotel (selain harganya yang juga ajigile sih hihihih), tapi lebih prefer cafe-hopping, makan, dll. Intinya explore dan jalan-jalan. Beda sama suami saya yang bisa banget liburan relax kayak gini. Kalo’ liburan sama dia, pasti kita ‘ribut’ karena orientasinya beda banget. Saya maunya bangun pagi, cepet-cepet beres semua biar bisa jalan dan manfaatin waktu sebaik mungkin. Kalo’ dia, maunya leha-leha, leseh-leseh, santai-santai, ga suka diburu-buru. Bangun tidur maunya nonton dulu, main HP, dll. Bangunnya pun maunya alami dan natural, sementara saya selalu set alarm bangun sepagi mungkin dan begitu bangun langsung loncat mandi siap-siap, pengen selekas mungkin berangkat.

20170604_09495220170604_09384520170604_09374120170604_09362420170604_10171920170604_10153520170604_09575320170604_09565020170604_09562620170604_09542120170604_09441820170604_09392120170604_09400420170604_09404820170604_09335520170604_09320520170604_09305120170604_09300620170604_092851

Balik ke resort ini, intinya saya sih bosen banget ya. Jam 5-an kami kira kami bisa kasih makan shark, eh ternyata itu ga termasuk and kami udah dijemput. Ya udah baliklah kami ke hotel dan perjalanan pulang ini is the worst, gatau kenapa. Gelombangnya gila banget dan at certain point saya sampe ngejerit ke suami saya dengan histeris, minta dia bilangin drivernya, suruh pelan-pelan stir speedboatnya. Eh kunyuknya suami saya malah asyik ngobrol sama orang sebelah dan katanya ga denger suara saya saking seru ngobrol + teredam suara mesin speedboat. Ah mungkin pekikan histeris saya tercekik di leher, dan ga ada powernya. Lain kali saya akan teriak lebih histeris dan dramatis.

Btw selama naik speedboat di beberapa occasion ini, saya udah coba pindah-pindah tempat mulai dari depan, belakang, samping dll. tapi rasanya sama aja ya, ga ada beda.

Balik hotel, kami dinner lagi seperti biasa di halaman hotel dan makanannya juga kurang enak. Abis itu kami jalan-jalan malem dan liat-liat toko karena mereka rata-rata bukanya malem di bulan puasa ini. Sempet masuk ke salah satu toko souvenir yang nanya kami dari mana. “Indonesia,” kata saya. “Oh it’s a big muslim country! So you guys are muslim?” Kami bilang bukan, tapi untunglah itu bukan masalah buat dia karena habis itu dia jadi baik banget sama kami dan seru banget ajak kami ngobrol. At the end kami dikasih harga lebih murah dibanding turis lain. Saya beli beberapa magnet aja buat kenang-kenangan karena mostly toko souvenir di sini buatannya kurang bagus ya menurut saya.

Habis itu kami balik dan tidur.

Hari 4

Hari ini basically acaranya ga ngapa-ngapain. Mestinya ke Male, tapi kata local tour kami via message, ga ada tour ke Male karena pada tutup semua, lagi buka puasa. Karena ga terima dengan perubahan yang tidak diinformasikan itu, saya sempet mau arrange sendiri ke Male, lewat receptionist. Tapi karena speedboatnya juga ada jam-jamnya dan si receptionist juga bilang “ngapain ke Male ga ada apa-apa..” akhirnya kami batal juga ke situ. Saya tau sih Male ga ada apa-apa, cuma rasanya ga afdol aja ke Maldives tanpa ngunjungin Male. Bisa aja sih kalo mau, kita pagian ke airport, titip koper di airport, terus naik kapal nyebrang ke Male (cuma 15 menitan). Tapi ribet juga sih ya, jadi ya udah beneran ga jadi.

20170605_170548

Abis itu karena di itin kami liat ada dapet free canoing, ya udah kami turun ke receptionist dan dibantuin bawa cano-nya ke pantai. Ih ternyata seru juga, padahal saya ga bisa ngedayung. Cuma karena mental saya emang cemen, akhirnya ngedayungnya cuma deket-deket pantai aja and yang ada sering terdampar and nyangkut di pasir. Begitu ke tengah laut dikit dan gelombangnya agak gede aja saya udah panik dan cepet-cepet ngedayung balik.

Abis canoing (paling cuma 10-15 menit) kami cari kerang di pantai karena ponakan saya udah bertitah, minta dibawain kerang. Kerangnya bagus-bagus loh di sini, unik-unik dan cantik. Suami saya aja langsung keep himself beberapa buat kenang-kenangan.

20170604_163020

Abis panas-panasan cari kerang, kami balik ke kamar, leha-leha, main HP, nonton, terus tau-tau udah jam makan siang, jadi kami turun makan siang, pesen dari lunch package yang ditawarkan. Packagenya fullboard sih jadi lengkap dari appetizer sampe’ dessert, dan semuanya enak!! Ini the best meal deh selama di Maldives.

Habis itu kami cengo karena jadwal speedboat balik ke airport itu masih sore hari. Jadi kerjaannya cuma main HP, baca novel, bengong-bengong di lobby, sambil kepanasan, dan akhirnya saking ngantuknya saya tiduran di lobby. Ketiduran sih tepatnya, sampe mulut saya celangap-celangap parah (kata suami saya, yang saking malunya katanya pingin pindah tempat duduk, jauh dari saya). Ga lama kemudian, saya dibangunin sama orang hotel yang menatap saya dengan prihatin banget, dan kami ditawarin untuk stay lagi di salah satu kamar kosong buat istirahat sambil nunggu speedboat datang. Duh, terharu banget akuh! Baik banget orang ini. Campur malu juga sih. Udah berapa lama ya mereka menatap saya ketiduran dengan muka bego gitu? Duh, tengsin banget. Atau jangan-jangan mereka pikir daripada saya ngerusak pemandangan di lobby dengan mulut ga proper gitu, mending diasingin deh buruan ke kamar yang tersedia.

Setelah itu setelah lap-lap iler, saya dan suami balik ke kamar yang dikasih tadi dan langsung grok, grok, grok.

Jam 4an kami turun lagi, speedboat udah ready, dan lagi-lagi barengan sama si keluarga besar Malaysia. Aduh alamat berisik lagi deh.

Sore ini speedboatnya agak mending dikit, frekuensi ‘perut turun’ saya ga sesering biasanya. Lautnya mungkin lagi nice. They know saya mau balik Jakarta and maybe thought that being a a bit nice will not costs you a lot.

Nyampe airport, saya ke WC, terus cari makan di airport karena nanti malam di pesawat kami ga pesan makan. Ada Burger King, Thai Food dan beberapa restoran lain di situ. Semuanya penuh, karena itu the only one restos di airport. Akhirnya suami saya makan Burger King, dan saya makan Thai Food. Satu orang kena exactly 100 ribuan. Mahal banget T_T

Pas lagi makan Thai Food (yang surprisingly rasanya enak!!) ada satu turis china cewek, dari negeri antah berantah, tau-tau samperin saya di samping meja saya, nunjuk pad-thai saya dari deket BANGET. Saya sampe’ kaget, saya pikir ni orang gila mau ngapain nih. Saya pikir ada dia nunjuk mau kasitau ada binatang di piring saya. Eh ternyata dia panggil temennya, “Ni khan! Ni khan!” dia teriak-teriak. Biarpun saya ga bisa Bahasa Mandarin, gini-gini saya ngerti lah “ni khan” tuh maksudnya “eh liat nih, liat nih!” ternyata maksudnya dia mau kasih unjuk ke temennya, pad thai-nya tuh kayak gini nih modelnya. Cuma ya amplop asli ga sopan banget loh. Nunjuknya itu udah kayak ga ada saya di situ. Ga ada manner banget. Itu telunjuk kalo kepeleset dikit aja udah nyemplung deh ke piring saya saking deketnya nunjuknya.

Abis itu, dia langsung pergi. Ga ada basa-basi. Ampuuun minah! Maaf lagi ya tapi turis China emang selalu mencoreng diri mereka sendiri deh everywhere dengan attitude dan behavior mereka. Kadang heran and amazed banget.

Ya sudah setelah insiden aneh itu, kami check-in dan ke imigrasi. Tiketnya untuk transit di Singapore dulu, tapi udah dapet tiket komplit dari awal, jadi nanti di Singapore ga usah keluar imigrasi, bawa bagasi dan check in lagi. Enaknya!

Setelah itu saya copot hardlense karena nanti bakal tidur semaleman di pesawat. Capek banget rasanya.

Karena masih ada waktu, kami jalan-jalan sebentar di duty freenya yang ternyata barangnya bagus-bagus (dan super mahal). Padahal souvenir di sekitar Maafushi Hotel waktu itu ga terlalu OK loh, tapi yang di airport ini bagus-bagus banget. Tetep aja sih ga beli apa-apa karena mahalnya kebangetan.

20170605_211845

Udah deh, abis itu perjalanan 4 jaman lebih, nyampe Singapore subuh-subuh, makan McD breakfast, beli Irvin Salted Egg yang lagi tersohor itu, beli cemilan, terus lanjut pesawat lagi ke Jakarta. The trip is selesai.

20170606_053500

Pertanyaan, Maldives panas ga sih?

Panas, tapi menurut saya ga sepanas Belitung. Belitung tuh bener-bener bikin lepek sampe’ gerah banget. Maldives hari-hari pertama, anginnya lumayan gede, jadi panasnya ga gitu berasa, walaupun pas di sandbank itu mataharinya lumayan intense sampe’ tangan berasa pedes. Hari terakhir di Maldives, nah itu paling berasa tuh panasnya. Gerah aja bawaannya, pas duduk di lobby hotel. Padahal ga kena expose sinar matahari.

Saya sendiri udah pake’ sunblock sih sebadan (muka nggak karena pake’ topi ini toh), karena ga mau keulang sun-burn dan gatel-gatel pas dari Belitung. Pas balik dari Maldives, berasa sih badan semua jadi item. Belang di tangan di area jam tangan yang daridulu udah kebentuk sedari pulang Belitung, sekarang jadi makin parah karena saya memang selalu pake’ jam, termasuk di Maldives. Area putih di pergelangan tangan tempat jam jadi terang dan kontras banget ketimbang area tangan lainnya.

Kaki juga, ada bekas bayangan sandal jepit di kaki, kontras dengan area kaki lainnya. Terus waktu masih di KL, saya cobain sepatu VNC kayaknya cakep-cakep aja. Pas di rumah pulang dari Maldives cobain lagi, saya langsung berasa “salah beli” karena kok dipakenya jelek banget. Ternyata itu efek dari kaki yang menghitam selama di pantai, sehingga bikin kaki terlihat kusam dan dekil, dan jadinya terlihat jelek pas pake’ sepatu baru itu.

Untungnya pulang dari Maldives ini ga gatel-gatel kayak dari Belitung waktu itu sih.

Pertanyaan lagi, jadi Maldives bagus ga?

Kalo’ menurut saya sih bagus ya. Karena saya cuma pernah ngeliat pantai kayak gini di Belitung sebelumnya, maka mau ga mau comparison saya adalah Maldives vs Belitung. Dua-duanya bagus, turqoisenya sama cantiknya, cuma memang somehow mungkin karena Maldives lebih terawat, kesan indahnya lebih dapet ya. Pasir Maldives juga putih banget, bersih, area wisatanya ga ‘seberantakan’ Belitung. Lebih ‘pure’ gitu, dan seperti yang saya sebut, ga sepanas Belitung, tapi beneran deh overall sih Indonesia sama sekali ga kalah. Ga usah jauh-jauh ke Maldives, toh kita punya ribuan pantai cantik model gini. Cuma aja kadang pengelolaannyaa belum maksimal, jadinya akses susah, fasilitas juga minim, apalagi kebersihan. Semoga aja next-nya pariwisata kita dikelola dengan lebih profesional tanpa menghilangkan unsur natural dan budayanya, karena itu juga toh daya tariknya.

Pertanyaan, selama di Maldives mata uang gimana?

Rekomendasi dari agency-nya sih katanya ga usah beli mata uang Maldives (kayaknya namanya Rufiyaa) karena toh mostly pembayaran di sana bisa dilakukan pake’ USD. Ya udah jadi kami cuma stand by pake USD aja.

Nah sekarang bahas ke fasilitas, menurut saya kelebihan dan kekurangan Arena Beach Hotel ini :

(+) Servicenya lumayan sih, contoh hari terakhir yang saya udah tidur celangap-celangap itu di lobby after check out, mereka bisa kasih saya stay sekian jam di kamar lagi untuk istirahat sambil menunggu dijemput speedboat. Salah saya juga sih kenapa dari awal ga request late check-out.

(-) orang hotelnya ga informatif. Asli ga informatif. Di hari pertama karena saya masih trauma naik speedboat, malam itu saya tanya apakah besok island hopping bakalan naik speedboat lagi. Orangnya bilang, “Nggak sih.. kapal kecil aja.” Ya amplop besokannya ternyata jelas-jelas naik speedboat lagi. Terus pas hari terakhir saya tanya speedboatnya akan datang jam berapa untuk balik airport, mereka bilang ada 2 speedboat dengan 2 jam yang berbeda, tinggal pilih aja mau yang mana. Belakangan pas saya mau confirm jam yang kami pilih, tau-tau mereka bilang “Nggak kok cuma ada 1 keberangkatan aja.” Bener-bener ngebingungin. Pas nanya rekomendasi soal resort yang ok buat 1 day resort visit juga jawabannya beda-beda terus antara service yang diprovide resort A, B, C. Menit ini bilangnya dapat makan siang. Menit berikutnya bilang ga dapat makan siang. Menit ini bilang dijemput jam xxxx, menit berikutnya bilang dijemput jam yyyy. Bingung!

(-) Makanan sih menurut saya standard tapi cukup OK lah. Breakfast dan lunch nya menurut saya enak, tapi dinnernya kurang ya. Udah gitu dinner kan ternyata ga dapet minum, jadi kita kudu bayar, nambah lagi.

Untuk Maldives Hematnya sendiri (Indonesian tour agency yang saya ikutin) plus-minusnya :

(+) mereka upgrade hotel kami. Tadinya saya di hotel Arena (***), tapi kemudian entah kenapa di-upgrade ke hotel satu group mereka dengan bintang lebih tinggi yakni Arena Beach Hotel (****). Feeling saya sih upgrade ini terkait penjemputan. Mungkin hari itu rombongannya banyak yang stay di Arena Beach Hotel sehingga untuk mempermudah penjemputan, kami sekalian di-arrange untuk stay di hotel itu. Kami juga dikasih tambahan dekor honeymoon. Katanya sih akan ada honeymoon cake-nya juga, tapi sampe’ kamar ga ada apa tuh.

(-) kurang komunikasi. Mungkin karena saya ga ikutan open trip mereka, tapi private trip (berdua doang) dan kemudian digabungkan dengan peserta lain yang stay di hotel yang sama, akhirnya jadi ada communication gap. Ga ada tour leader/local guide yang specific diprovide buat kami (beda kalo open trip/satu rombongan gede dari Indonesia), jadi akhirnya pas nyampe kami kayak anak hilang dan kebingungan gitu. Dan hal ini ga dikomunikasikan ke kami dengan jelas. Ga ada yang kasitau bahwa “Pak/Bu nanti nyampe Maldives Anda akan digabung dengan rombongan lain ya.. bla bla bla.. no worries, semua acara sudah didaftarkan dll.” Mungkin sayanya juga yang salah karena ga nanya dengan jelas. Masalahnya saya pikir akan ada local guide specific buat kami gitu. Kalo’ ternyata kayak gini, ini mah sama aja saya nginep sendiri, stay sendiri, terus book acara langsung dari hotel. Jadi kayak bukan ikutan tour dari Maldives Hemat gitu. Padahal seinget saya ada charge juga untuk local guide. Terus ada foto-foto, tapi mana yah ga ada tuh yang fotoin kami. Jadi bener-bener beda treatmentnya sama open trip. I don’t mind sih, tapi harusnya dikomunikasikan secara clear ke kami.

(-) Awalnya saya ada tanya mengenai hari terakhir apakah kami akan dapat makan siang atau nggak karena ga ter-state di itinerary-nya dengan jelas. Katanya ga dapet, tapi gpp deh kami akan dikasih compliment makan siang free katanya. Itu awal-awal pas saya baru daftar tour-nya. Pas hari H, saya confirm lagi via message ke tour-nya, “Eh besok kami dapat makan siang kan?” -> maksud saya, saya mau tanya makan siangnya tuh di hotel atau gimana? Systemnya gimana? Saya dapat paket makannya seperti apa, dll. Eh ternyata jawabannya, “Ga dapet ya Kak.. Bisa makan sendiri, book di hotel.” Karena penasaran, saya capture pembicaraan sebelumnya yang menjanjikan adanya tambahan makan siang. Baru abis itu mereka confirm kasih kami tambahan makan siang. Gpp sih mungkin cuma miss kecil aja.

(-) Awalnya di itin juga ada trip ke Male di hari terakhir. Pas hari H saya confirm lagi via message ke tournya, eh dia bilang “Ga ada Kak. Ini bulan puasa, toko di Male tutup semua.” Dueng! Kenapa ga dikomunikasikan dari awal sih? Memang sih ga ada efek siginifikan tapi tetep aja nyebelin banget, perubahan itin tanpa dikomunikasikan.

Udah sih kurang lebih begitu aja. Semua hal di atas pasti bakalan beda kalo’ ikutan open trip dengan jumlah peserta cukup banyak tentunya. Jadinya servicenya lebih fokus ke groupnya dan semuanya lebih clear dan jelas.

Biaya :
Tournya sendiri kena 7.7 jutaan (4D3N), belum termasuk optional tour yang resort visit itu. Itu resort visit macem-macem harganya tapi kurang lebih 2 jutaan deh yang resort standard (per orang). Tiket sendiri kurang lebih 2 – 2.5 jutaan (tergantung pake’ bagasi or not). Jadi kurang lebih biaya 12.5 jutaan per orang untuk 4D3N (tapi efektif cuma 3 hari karena rata-rata flight ke Maldives nyampe malem, kecuali mungkin pesawat non-budget yang bisa nyampe Maldives siang/sore). Pesawat sendiri biasanya Air Asia or Tiger. Kalo’ Jetstar saya sih belum nemu ya. Rasanya nggak ada deh. Kalo’ mau coba explore, coba cek Srilanka Airlines atau Mihin Lanka, tapi mereka transitnya di Srilanka.

My suggestion kalo mau trip ke Maldives :
• Kalo perginya rame-rame, no worries mendingan ga usah ikutan tour dari Indonesia. Either pake ferry umum (murah meriah) ataupun kalo terpaksa/niat naik speedboat, jatuhnya pun lebih murah karena sharing banyak orang.
• Kalo udah fix hotelnya apa (bukan resort ya), langsung arrange penjemputan dari hotel tsb. Ada yang compliment, ada yang nambah biaya. Jadi ga usah lewat tour dll. Semuanya bisa di-arrange sendiri kok via hotelnya direct.
• Activity juga semua bisa di-arrange langsung ke hotelnya. Malah kalo’ rajin, bisa browse-browse rate buat excursion atau speedboat transfer dari/ke airport di tiap hotel untuk compare dan pilih harga termurah (tapi ya pilih yang hotelnya berdekatan ya) jadi tinggal dateng aja ke hotel tsb (jalan kaki). Jadi ga harus selalu book dari hotel tempat kita stay.

Jadi maksud saya, sebenernya tour dari Indonesianya tuh ga ‘guna-guna’ banget. Kita bisa arrange semua sendiri dengan mudah kok di sana.

Demikian cerita saya soal trip KL-Maldives ini. Next destination saya pingin banget ke Yunani (tahun lalu udah booking lewat tour untuk ke Yunani bareng nyokap, tapi batal karena ga kekumpul peserta), New Zealand, sama UK. Pingin juga ke Lombok sama Bintan karena udah kesirep sama pantai cantik. Doain semoga semua bisa kesampean segera ya.

3 comments

Leave a comment