Singapore Thematic March 2017 (1)

Latar belakang :

  • Gak sengaja ngeliat ada pameran Iron Man (Avengers’ Station) di Instagram orang.
  • Ngeliat ada exhibition Future Art something di Art Science Museum di Instagram lagi, yang kalo di foto keren and cantik banget
  • ‘Ngeh’ ada cafe Gudetama di Singapore. Not a fans of Gudetama, tapi bakalan lucu aja pastinya tuh cafe.
  •  ‘Ngeh’ juga bahwa ada Central Perk sekarang di Singapore. Sebagai fans berat garis keras film seri Friends, kayaknya ga afdol banget kalo’ ga ke sini.
  •  Denger dari temen bahwa ada cafe bertema Harry Potter gitu di Singapore, baru buka pula. Aaaargh!!!
  •  Pingin beli Bausch and Lomb, obat hardlense yang kebetulan ga dijual di Jakarta.

Sehingga :

  • Karena tau-tau ngeh bahwa Avengers’ Station itu hanya sampai 5 Maret 2017 saja exhibitionnya padahal hari itu udah akhir April, langsung seminggu sebelumnya saya langsung perpanjang passport suami yang udah habis masa berlakunya. Kebayang betapa mahal harga sesuatu yang instan, baik itu passport maupun tiket yang dibeli dalam waktu dekat. Semua hanya gara-gara Iron Man.
  • Setelah passport baru suami aman di tangan, langsung seharian, 1 Maret 2017, itu saya booking tiket pesawat, tiket Avengers’ Station, tiket masuk exhibition ‘Future : When Art Meets Future’ di Art Science Museum, tiket Universal Studio, hotel 3 malam (yang semuanya berbeda karena itulah kesukaan saya), dll. Semuanya buat berangkat keesokan harinya, 2-5 Maret 2017. Hari itu kerjaan terbengkalai, makan siang terpaksa skip, ga sempet video call sama Aimee, dan lain-lain, termasuk baru apply cuti hari itu dan ngabarin keluarga. Semua serba kilat dan tergesa, lagi-lagi gara-gara robot merah itu.

Notes :

Avengers Station : http://stationexhibit.sg/
Art Science Museum : http://www.marinabaysands.com/museum.html

Kesimpulan :

• Instagram itu iblis culas banget, bisa membangkitkan tiba-tiba napsu berpergian kita.
• Kita bisa melakukan apa aja demi sesuatu yang kita suka – dalam hal ini: Iron Man.

Jadi demikianlah persiapan kami, dan inilah itinerary kami :

2 Maret 2017

Berangkat naik Lion pagi hari, sampe di sana siang. Di pesawat baca novel Congo, yang sumpah menarik banget.

Nyampe Changi, ambil bagasi, terus nukerin dulu tiket fotokopian Iron Man hasil beli online dengan yang asli di counter Sistic. Counter Sistic ini banyak sih di seantero Singapore, cuma kami pikir mumpung di airport ada counternya, biar beres semua, kami tukerin di situ aja. Setelah beres, saya mampir ke Watson dulu untuk cek barang sepupu yang ketinggalan di sana beberapa minggu lalu. No result.

20170302_142242

Setelah itu kami naik MRT ke hotel kami, Porcelain Hotel, di Chinatown. Nama hotel somehow buat saya bisa jadi salah satu pertimbangan loh dalam memilih hotel. Kadang bisa jatuh cinta sama nama hotelnya dan langsung kepingin stay di situ biarpun reviewnya ga bagus-bagus banget. Hal ini terjadi sama Porcelain Hotel. Namanya sounds exotic dan classy banget. Setelah baca reviewnya yang notabene ga jelek-jelek banget, akhirnya saya putusin cobain 1 malam di sini. Review itu sih bilang ni hotel kamarnya kecil banget dan ga recommended buat orang yang claustrophobia alias phobia ruang tertutup. Dalam hati saya waktu itu, kayaknya semua hotel Singapore emang kecil-kecil deh, jadi saya ga gitu taking into account banget sih tuh review.

Pas masuk hotel and kamarnya (setelah nyasar-nyasar dikit karena ternyata hotelnya masuk ke gang sedikit), ajigile aselik ini kamarnya sempit banget, sampe amazed. Cuma ada ranjang, kamar mandi, sama meja. Koper aja sampe’ ga muat dan untungnya bisa diselosorin ke kolong. Mau ambil foto keadaan kamar aja sampe’ ga bisa saking sempitnya. Ajaib banget deh. Tapi di luar kesempitan ini, saya bilang kamar mandinya cantik, dengan flossy keramik yang mencerminkan nama porcelain. Ranjangnya juga cukup nyaman lah, dan ada lampu bulat di atas dengan ornamen chinese yang cantik banget.

Untuk lokasinya sendiri, setiap pilih hotel saya selalu pilih hotel yang jarak ke MRT nya deket. Nah Porcelain ini bisa dibilang deket banget sama MRT Chinatown (jalan kaki paling 2 menit) dan yang paling penting deket sama kompleks tempat makan favorite saya yakni People’s Park. Oh ya harga per kamarnya sekitar IDR 1.1/1.2 jutaan.

Setelah check-in kamar, kami cari makan di People’s Park, terus langsung jalan ke Science Center di Jurong, tempat Avengers Station berada. Seperti yang sudah disebut, tiketnya memang harus dibeli online terlebih dahulu, dan harganya sekitar 650 ribuan kalo’ saya ga salah inget.

Dari MRT Jurong, jalan kakinya lumayan sih ke Science Center. 10 menitan kayaknya lebih deh, sampe’ lepek-lepek. Dalam hati pingin banget ngutuk-ngutuk Iron Man, udah bikin kantong tongpes, bikin kaki hampir lepas pula, tapi namanya kecintaan ya mana tega yah nyumpah-nyumpahin dia.

Sampe di Science Center dan foto-foto, kami masuk ke satu bangunan yang ternyata salah, sehingga harus pindah ke satu bangunan di belakangnya, dan di situlah si Avengers Station berada. Yeay!!

Waktu di Jakarta, setelah browsing-browsing, saya sempet download aplikasi di PlayStore buat journey di Avengers Station ini. Pas masuk ke stationnya, kita langsung dikasih direction gitu sama petugasnya mengenai aplikasinya dan di-connect-in ke WIFI di sana pula. Aplikasinya sih sebenernya keren, jadi kita harus ikutin step by step career path untuk jadi Marvel Agent. Ada yang berupa kuis, challenge, dll. At the end kayaknya bisa dapat sertifikat atau semacam itu. Sayangnya karena si petugas jelasinnya cepet banget plus aksennya Singapore banget, jujur saya kaga ngerti sama sekali. Akhirnya di dalam kami coba-coba utak-atik sendiri aja aplikasinya, dan akhirnya nyerah karena ga ngerti step-stepnya kudu ngapain. Saya cuma berhasil passed satu test di bagian Captain America dan earn satu badges atau point semacam itu deh. Sisanya, males juga ngikutinnya, malah batere HP udah sekarat pula. Akhirnya kami cuma muter-muter aja di sekeliling situ sambal ngedengerin orang-orang lari-lari dengan semangat sambil nyebut-nyebut, “Hey, I need to go back to xxx station, I haven’t completed the challenges!” sambil ngacung-ngacungin HP mereka. Niat banget yah. Menurut saya kalo’ kita beneran download dan ngikutin aplikasinya, mungkin kita bisa seharian di tempat ini dan bisa ‘enjoyin’ semua fitur yang ada. Sayangnya karena keterbatasan waktu dan males pula, akhirnya saya dan suami sih cuma muter-muter aja.

Jadi, si Avengers Station ini sesuai namanya isinya adalah ‘pos’-‘pos’ tempat para Avengers berada. Ada Captain America, Thor, Hulk, Iron Man, Black Widow, dll. Fiturnya juga macem-macem, bukan cuma sekedar patung and figurine mereka aja. Misal di Captain America ada replika motornya, ada board berisikan games atau quiz yang mengukur inteligensi kita, dll. Di bagian Ant Man ada proyeksi cahaya berbentuk semut-semut di lantai yang bisa gerak-gerak. Di section Iron Man selain ada evolusi kostum Iron Man dan Igor yang super imut itu, ada juga fitur keren dimana kita bisa berdiri di satu titik, kemudian terproyeksikan di layar dan di proyeksi itu akan ada simulasi diri kita pake’ kostum Iron Man tahap demi tahap, which is super duper keren banget. Sayangnya ngantrinya panjang banget dan si anak malas ini laagi-lagi emoh berjuang. Males juga sih ditontonin banyak orang.

Tempatnya sendiri ga gede-gede banget. Kalo’ ngebut rasanya 30’-45’ bisa kelar muterin semua station. Backsound nya keren, heroik gitu. Pokoknya buat pecinta Marvel, ini must-go-place banget deh, biarpun buat saya pribadi sebenernya IDR 650 ribu itu agak over price sih 

Ga sampe 1.5 jam kami udah kelar muterin semua station 2x, itupun banyakan motonya. Paling berkesan tentu saja ketemu Igor yang cakep pisan, pingin manjat dan peluk tapi takut diusir dan difoto masuk social media, jadi batal deh.

20170302_154624

IMG_20170302_211305_287

Selesai dari situ, kami balik ke MRT, terus lanjut ke Central Perk. Baca-baca sih Central Perk ini bisa turun di 2 station MRT terdekat yakni Clarke Quay atau Chinatown. Waktu itu saya pilih turun di Clarke Quay. Keluar MRT Station, kami ternyasar-nyasar ke tempat ini. Tanya orang sana sini dimana letak Central Mall, semua ga ada yang tahu dan malahan merujuk ke Central Mall yang nempel sama Clarke Quay MRT (hati-hati jangan sampe’ salah ya! Central Perk ini terletak di sebuah kompleks kecil bernama Central Mall, tapi definitely bukan Central Mall yang ada di Clarke Quay MRT Station. Jadi pas jalan keluar MRT, jangan ikutin petunjuk exit bertuliskan Central Mall karena itu dua tempat yang berbeda). Akhirnya terakhir kami nanya ke supir taxi dan setelah supirnya cek GPS, baru kami diarahkan ke jalan yang bener. Itupun setelah ketemu kompleks Central Mallnya, kami masih harus muter lagi agak jauh untuk nemu Central Perk, yang ternyata ada di deret paling depan deket jalan raya. Duh, perjuangannya luar biasa hari ini jalan kakinya.

Sebagai penggemar Friends, tentunya saya seneng banget bisa mampir ke sini. Langsung happy and heboh berat deh ngeliat semua dekor cafe yang memang merupakan replika Central Perk Cafe di film serian Friends, tempat ngumpul favoritenya Phoebe, Joey, Monica, Chandler, Ross, dan Rachel. Ada dapurnya Monica yang super clean, ada mainan Fuzzbalnya Joey and Chandler, ada gitarnya Phoebe, ada juga sofa kebangsaan mereka di spot paling strategis di tengah cafe itu dimana kita bisa nonton film Friends yang diputar dengan angle paling maksimal, yang sayangnya hari itu sudah ditempati oleh satu pasangan pengunjung lain. Pokoknya bener-bener semua spot itu memuat histori tak tertulis tentang persahabatan 6 sejoli ini. Buat yang belum pernah nonton sitkom Friends, pls watch it, beneran kocak dan bagus banget. Salut sama Martha Kaufmann sama David Crane, dua penulis skenarionya.

Pas asyik moto-moto di lobby restaurantnya, seorang waitress nyamperin kami, kayaknya sih mempertanyakan kami lagi ngapain. Cepet-cepet saya jelasin bahwa kami bakalan dine-in di juga di situ. Mungkin banyak x passenger yang cuma lewat, masuk-masuk untuk numpang foto.

Setelah duduk dan puas foto-foto, kami liat menu dan milih 1 makanan dan 1 appetizer aja, plus minum. Menunya lucu, dan semuanya bertemakan 6 karakter Friends, misalnya Joey You’re My Everest Turkey yang kami pesen (yang rasanya enak banget!!). Mac and Cheese yang kami pesen sih kurang enak ya, teksturnya kayak ga mateng gitu, jadi agak disappointed walaupun rasanya enak. Untuk ukuran Singapore aja, makan di sini termasuk mahal banget. Saya cuma pesen 1 menu main course, 1 appetizer dan 1 minuman aja abis IDR 700 ribuan. Ga worth it sih, tapi namanya nyobain sekali-kali ga apa-apa deh, apalagi sebagai penggemar Friends, sampe’ tissue berlogokan Central Perk-nya aja disimpen baik-baik sampai sekarang.

Satu catatan kecil aja, menurut saja waitressnya kurang friendly and ramah ya. No smile sama sekali. Datar aja gitu mukanya, bikin saya prihatin. Kok bisa sih hire model gini untuk cafe bertema sitcom paling hits sepanjang masa?

Setelah makan, kami jalan balik ke hotel, kali ini jalan kaki langsung ke arah Chinatown, Karena ternyata jalanan ke Chinatown-nya adalah jalanan yang udah biasa saya lewatin pas training di Singapore tahun lalu dan nginep di hotel di deket situ. Jadinya ga usah ke MRT Clarke Quay lagi, terus ke MRT Chinatown, tapi bisa langsung jalan kaki ke Chinatown, ke arah hotel/ke arah pulang. Sepanjang jalan banyak tukang makanan dan tukang obat, dan sempet mampir di situ untuk beli obat titipan Mama dan cici saya.

Sampai Chinatown, kami dinner di People’s Park lagi. Saya pesen nasi lemak abal-abal favorite saya, terus lanjut ke OG beli baju buat nyokap dan beberapa titipan lain.

20170302_193332

Habis belanja, balik hotel deh. Saat capek dan gempor inilah kita akan berterima kasih pada diri kita sendiri karena book hotel yang dekat dengan MRT. Biasanya saya lumayan kuat jalan loh kalo’ traveling, tapi hari itu kok langsung tepar banget yah? Mungkin penuaan memang ga pernah lalai melakukan tugasnya.

3 Maret 2017

Bangun pagi lagi-lagi langsung breakfast di People’s Park. Kali itu saya pesen bakmi kering sama bakso ikan yang rasanya biasa aja. Habis itu, kami beli plester buat suami saya yang kakinya mulai agak luka gara-gara kebanyakan jalan. Setelahnya kami balik ke Porcelain Hotel untuk check-out dan sebelumnya sempet beli semacam burger taiwan yang rasanya boleh juga.

20170303_085054.jpg

Setelah check-out kami jalan ke MRT Chinatown untuk pindah ke hotel ke V Hotel Bencoolen, ke MRT Bras Basah, ceritanya untuk titip koper di sana dan baru nanti malam check-in. Nyampe Bras Basah hujan lumayan gede, jadinya kami berteduh dulu sebentar. Tanya sana-sini hotel V Bencoolen untungnya ga gitu jauh dari MRT (jalan kira-kira 4-5 menit). Ada renovasi MRT sih di pinggir jalan, tapi untungnya tetep ga gitu susah akses ke hotelnya dari MRT.

Setelah check-in (untung juga bisa early check-in), kami masuk kamar dan beberes. Hotel dan kamarnya lumayan bagus dan bersih sih, walaupun saya lebih suka V Hotel Lavender. Harga per night nya sekitar 1.1/1.2 jutaan.

Setelah beberes bentar, kami lanjut lagi balik ke MRT Station Bras Basah, pindah ke MRT Promenade buat nyatronin Gudetama Cafe di Suntec City. FYI aja, Suntec City itu terinspirasi dai 5 jari tangan kita, sehingga ada 5 bangunan (hasil tau dari iseng ikutan tour sejarah Singapore taun lalu), jadi nih mall emang gede banget, dan kita bisa turun di MRT Esplanade or Promenade. Baca-punya-baca, katanya untuk ke Gudetama turunnya di Promenade. Jadilah kami ikutin. Nyampe Promenade dan masuk ke Suntec Mall nya, ternyata kami kudu jalan kaki lagi hampir 15 menit (di dalam mall-nya!) untuk nyampe ke Cafe Gudetama dengan beberapa kali pindah tower dan nyasar. At the end ternyata Gudetama malahan adanya di deket MRT Esplanade! Halah tau gitu dari awal aja turunnya di Esplanade. Tempatnya juga deket sama counter Hop-On-Hop-Off, Duck Tour, dan tour-tour Singapore lainnya.

Nyampe Gudetama, langsung heboh lagi loh karena tempatnya all-out banget designnya. Semua sudut selalu ada beranekaragam dekor Gudetama yang super cute. Rasanya sampe’ nyaris ilang nafsu makan saking asyiknya melahap semua view Gudetama ini. Tempatnya juga gede, dan di sebelah restoran ini ada 1 bangunan kaca lagi, yang isinya juga dekor Gudetama semua. Kayaknya sih ini cafenya.

IMG_20170303_115459_382

Jadi abis moto-moto dan ber-hoaaaa-hoaaaa dengan kagum, kami pesenlah makanannya. Harga juga agak mahal sih, tapi untung ga ngalahin mahalnya Central Perk kemaren. Rata-rata 20-an SGD deh harga makanan di sini dan pastinya bikin kita jadi instantly rakus dan pingin semua karena dekor makanannya cakep dan lucu banget.

Akhirnya saya pesen cheese cakenya (kayake harganya 70 ribuan 1 slice), terus pork something gitu, sama minuman. Lupa semua namanya apaan karena bon nya udah dibuang 😀

20170303_11440220170303_120517

Rasa makanannya? Enakkk semua! Pingin banget someday bisa balik lagi.

Selesai explore Gudetama, kami lanjut jalan lagi via MRT Esplanade (ogah balik lagi ke MRT Promenade!), lanjut ke Marina (MRT Bayfront) untuk liat exhibition Future : When Art Meets Science di Art Science Museum di Marina.

Setelah tunjukkin tiket (yang sudah dibeli online sebelumnya) masuklah kami ke dalam tempat exhibitionnya yang ternyata kecil ajah. Pantesan harga tiketnya juga murah, seinget saya di bawah USD 10 deh. Jadi di dalam itu nuansanya gelap, terus ada banyak balon-balon warna-warni dan di dinding semuanya gambar alive gitu dan sifatnya interactive, jadi gambarnya bisa kita sentuh dan dia akan merespons sentuhan kita. Bisa bergerak, kabur, dan lain-lain. Keren banget! Ini memang cuma ‘main’ cahaya dan lighting aja sih, tapi menurut saya sih tetep aja keren teknologinya. Yang keren pula, kita bisa gambar di kertas, kemudian gambarnya bisa di-scan dan dia akan muncul dan ‘hidup’ di dinding-dinding tersebut (atau bahkan bisa ‘jalan’ di lantai), bergerak layaknya organisme hidup di dalam aquarium. Kece banget! Kita bisa tulisin nama atau apapun yang kita mau di gambar itu dan mereka akan jadi alive di dinding atau lantai tadi.

Ada juga mainan di meja kayak model di Timezone, tapi ini semacam 3D. Ada air terjun yang sebenarnya cuma lighting aja, tapi terkesan bener-bener hidup. Pokoknya sesuai namanya, ini bener-bener when science meets art deh, melalui teknologi super canggih.

Kami gak lama-lama di dalem sih, palingan 30’-45’ aja karena tempatnya juga ga gede dan ga terlalu banyak fitur-fiturnya. Katanya sih lagi ada expansion lagi, so next ‘batch’ nya mungkin bakal ada fitur-fitur menarik lainnya.

Kelar dari situ, masih di museum yang sama, tadinya saya dan suami mau cobain ‘wahana’ yang judulnya Into the Nature atau semacam itu deh, dimana kita akan dikasih semacam kacamata virtual sehingga kita bisa lihat binatang-binatang di sekeliling situ. Mirip modelnya sama games Pokemon gitu. Sayang ternyata kita harus sudah reserved sebelumnya walaupun wahana itu free of charge. Karena kami belum reserved apapun, akhirnya kami skip deh, dan lanjut jalan-jalan di sekitar Marina.

Pas lagi jalan mau ke arah luar, eh ngeliat DC Comics Cafe. Tadinya saya emang udah tau sih ada cafe ini karena kan sebelumnya udah google-google. Cafenya gedeeee banget, dan sesuai namanya, semuanyaa bertemakan tokoh-tokoh DC kayak Batman, Robin, Superman, Wonder Woman, Cat Woman, Joker, dll. Keren sih, dan akhirnya ga tahan untuk ga coba.

Saya pesen 1 menu lunch package yang terdiri dari soup, Fish and Chips dan satu minuman chocolate gitu. Fish and Chipsnya ga enak, rasanya aneh dan mencurigakan (bwahaha). Tapi karena mahal, tetep aja diabisin. Setelah makan langsung berasa nyesel karena sebenernya kan ga ada niat makan di situ. Budget jadi kacau balau gara-gara spontanitas ga penting ini dan pengaturan isi perut juga jadi berantakan.

Tadinya selesai ke museum, kami tuh mau nyobain cafe bertema Harry Potter di deket MRT Station Boon Keng. Tapi gara-gara si DC Comics itu, akhirnya kami mutusin jalan-jalan dulu ke Bugis sambil nurunin perut. Di Bugis ngapain aja? Ga ngapa-ngapain sih sebenernya. Cuma liat-liat cokelat, beli oleh-oleh buat suster, sama foto sama Disney Tsum Tsum, dan ngincer-ngincer lokasi Albert Center buat breakfast besok pagi. Hihihih. Gak lama kemudian kami lanjut ke Platform 1074, café yang katanya bertemakan Harry Potter itu. Turun di MRT Boon Keng, kami harus jalan jauh banget untuk mencapai cafe ini. Diganyang-ganyang sebagai cafe bertema Harry Potter, sebagai penggemar garis keras Harry Potter, saya semangat banget dong jalan ke sini. Nyampe sana, setelah berpeluh-peluh keringat dan ketiak basah semua, jreng-jreng-jreng-jreng!! Ternyata tempatnya kecil, bernuansa cokelat kayu, daaan.. ga ada Harry Potter-Harry Potter-nya acan, apalagi di menunya. Sampe’ nyesek dan lemes.

Sambil duduk baru otak saya mulai bekerja. Iya juga sih ya, brand Harry Potter itu ga sembarangan loh. Itu brand mahal-nya J.K. Rowling, mana mungkin sembarang orang bisa buka cafe yang original beneran bertema Harry Potter? Berapa banyak biaya yang harus dikucurkan coba? Dan jangan coba-coba naruh nama apapun yang terkait dengan Harry Potter di menu atau semacam itu karena gimanapun itu semua licensed bo!

Okeh balik ke Platform 1074 ini, biarpun namanya mencoba meniru novel Harry Potter, isinya again memang ga ada Harry Potternya sama sekali. Bangkunya sederhana aja, berhiaskan gambar rusa yang saya ga ngerti apa kaitannyaa sama Harry potter walaupun patronus Potter emang berbentuk rusa sih. Di buku menu juga ga ada nama tokoh atau istilah Harry Potter (seinget saya). Palingan ada minuman yang dibakar terus bisa kayak ada apinya gitu, yahh mirip-mirip mantera / flame di Harry Potter mungkin. Jadi memang “Harry Potter’ thematic itu kayaknya emang part dari promosi cafenya aja dan website-website itu semuanya jadi ‘menyesatkan’ dan misleading sih menurut saya karena ‘menjual’ nama Harry Potter dalam review cafe itu, padahal sih nggak banget. Lebih tepat bertemakan wizard kali ya, karena ada dekor tongkat-tongkat dan topi sihir yang terserak.

So again jangan banyak berharap yah buat para fans Harry Potter. Mending ke USS Japan aja deh untuk ngerasain nuansa Harry Potter beneran (kayak murah aja).

Untuk makanan, not bad sih, cuma karena saya ga suka manis, saya kurang suka Pork Knuckle yang saya pesen ini. Mixed juice yang saya pesen juga bau sayuran banget, jadi jujur saya ga gitu happy sama makanannya. Atau mungkin karena sudah kenyang juga plus kecewa sama tempatnya 

Habis dari cafe ini, asli kaki udah mau lepas lagi karena seharian kerjaannya jalan terus, jauh pula balik ke MRT Boon Keng-nya. Hampir tergoda mau naik taxi, tapi demi kekonsistenan budget, niat itu pun diurungkan. Sambil jalan kami mampir beli roti prata kari India untuk dimakan di hotel nanti dan foto-foto gereja cantik di pinggir jalan sambal menghibur diri.

Sampai MRT Boon Keng, kami lanjut balik ke MRT Bras Basah, balik ke hotel dan sempet beli roti lagi di Seven Eleven di samping hotel. Habis itu langsung tidur pules!!

to be continued to part 2

2 comments

Leave a comment